-

Font Size :

Language

Friday, February 22, 2013

Hidup sehat Rasululah

Informasi Halaman :
Author : Yurika Febri Perdana ~ admin ebiSHARE_Blog's
Judul Artikel : Hidup sehat Rasululah
URL : http://ebishare.blogspot.com/2013/02/hidup-sehat-rasululah.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Rahasia Sehat Rasulullah SAW

Meski berada pada kondisi jazirah arab yang keras, tandus, dan panas Rasulullah SAW memiliki fisik sehat dan daya tahan yang sangat luar biasa. Siapapun yang mampu bertahan dalam kondisi seekstrem itu dalam waktu berpuluh–puluh tahun dengan puluhan kali peperangan, pastilah memiliki daya tahan yang sungguh luar biasa.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Rasulullah SAW jarang sakit? Jawabanya karena secara lahiriyah beliau mampu mencegah hal-hal yang berpotensi dapat menimbulkan penyakit. Jika kita telaah Al-Qur’an dan As-sunnah, maka kita akan menemukan sekian banyak petunjuk yang mengarah pada upaya pencegahan. Hal ini mengindikasikan betapa Rasulullah SAW sangat peduli terhadap kesehatan.
Ada beberapa kebiasaan positif yang membuat Rasulullah SAW selalu tampil fit dan jarang sakit, diantaranya:
1. Selektif Terhadap Makanan
Tidak ada makanan yang masuk kedalam mulut beliau, kecuali makanan tersebut memenuhi sayarat halal dan thayyib (baik).
Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkanya dan halal barangnya. Sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya atau bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan kegemaran Rasul adalah madu. Beliau biasa meminum madu yang dicampur air untuk membersihkan air liur dan pencernaan. Rasul bersabda, “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alqur’an” (HR Ibnu Majah dan Hakim).
2. Tidak Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang
Kapasitas perut dibagi dalam tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan (zat padat), sepertiga untuk minuman (zat cair), dan sepertiga lagi untuk udara. Disabdakan “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain maka, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.”(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).
3. Makan dengan Tenang, Tuma’ninah, Tidak Tergesa-Gesa.
Apa hikmahnya? Cara makan seperti ini akan menghindarkan dari tersedak, tergigit, kerja organ pencernaan pun lebih ringan. Makanan pun bias dikunyah dengan lebih baik, sehingga kerja organ pencernaan bias berjalan sempurna. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit dicerna. Dalam jangka waktu lama bias menimbulkan kanker di usus besar.
4. Cepat Tidur dan Cepat Bangun
Beliau tidur diawal malam dan bangun pada pertengahan malam kedua. Biasanya, Rasulullah SAW bangun dan bersiwak, lalu berwudhu’ dan sholat sampai waktu yang diizinkan Allah. Beliau idak pernah tidur melebihi kebutuhan (ex: tidur siang), namum tidak pula menahan diri untuk tidur sekadar yang dibutuhkan (ex: begadang) kecuali setelah isya’.
Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah dalam buku Metode Pengobatan Nabi mengungkapkan bahwa Rasul tidur dengan memiringkan tubuh ke arah kanan, sambil berdzikir kepada Allah hingga matanya terasa berat. Terkadang beliau memiringkan badannya ke sebelah kiri sebentar, untuk kemudian kembali kesebelah kanan. Tidur seperti ini merupakan tidur yang paling efisien. Pada saat itu makanan bias berada dalam posisi yang pas dengan lambung sehingga dapat menegendap secara proporsional. Lalu beralih kesebelah kiri sebentar agar proses pencernaan karena lambung mengarah ke liver, baru kemudian berbalik lagi ke sebelah kanan hingga akhir tidur agar makanan lebih cepat tersuplai dari lambung. Hikmah lainya, tidur dengan miring kekanan menyebabkan beliau lebih mudah bangun untuk sholat malam.
5. Istiqomah Melakukan Puasa Sunah di luar Puasa Ramadhan
Karena itu, kita mengenal beberapa Puasa sunah yang beliau anjurkan, seperti senin kamis, Puasa Dawud, Puasa 6 hari di bulan Syawwal, dan sebagainya. Puasa adalah perisai terhadap berbagai macam penyakit jasmani maupun ruhani. Pengaruhnya dalam menjaga kesehatan, melebur berbagai macam ampas makanan, menahan diri dari makanan berbahaya sangat luar biasa. Puasa menjadi obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga. Puasa sangat ampuh utnuk detoksifikasi (pembersihan) yang sifatnya total dan meyeluruh.
Selain lima cara hidup sehat ini, masih banyak kebiasaan Rasulullah yang layak kita teladani. Kesehatan Rasulullah SAW, sebagian besar bersifat pencegahan. Diantaranya, cara bersuci, cara ‘memanjakkan’ mata, keutamaan berkhitan, keutamaan senyum, dsb.
Yang tak kalah penting lagi, Rasulullah sangat mantap dalam ibadah ritualnya khususnya dalam sholat. Beliau pun memiliki keterampilan dalam mengelola emosi, pikiran dan hati. Penelitian terkini dalam bidang kesehatan membuktikan bahwa kemampuan dalam memanejemen hati pikiran dan perasaan, serta ketersambungan yang intens dengan Tuhan akan menentukan kesehatan seseorang, jasamani maupun rohani.

http://matematika-sedekah.blogspot.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.roomantik.com

0 comments:

Random

Powered by: Blogger

Internet

Form
buat Anda yang ingin memasang iklan disini. FREE... !!
(for you who want to advertise here. FREE ... !!)
  • Image Verification
    captcha
    Please enter the text from the image:
    [Refresh Image] [What's This?]

Powered byEMF Online Form
Report Abuse